Minggu, 19 Februari 2012

JENIS_JENIS ADVERB

ADVERB
 
Tanpa adverb, tulisan yang kita tulis terasa hambar tanpa rasa. Tanpa adverb pula, kata-kata yang kita ucapkan terasa kosong tanpa isi. Karena itu, mari kita sama-sama mengingat kembali apa ada yang kita lupakan dari adverb (kata keterangan) yang telah kita pelajari.

Tak usah panjang lebar, langsung kita menuju Referensi Grammar andalan saya ini, yes Marcella Frank. Beliau (1972: 141) menjelaskan bahwa jenis-jenis adverb (dalam Bahasa Inggris disebut Types of Adverbs, bener ga?) dibagi dua macam: pertama, adverbs classified by meaning, dan kedua, adverbs classified by function. Nah disini saya akan membagikan cerita dari Frank tersebut tentang jenis adverb dilihat dari segi maknanya.

Adverbs Classified by Meaning.

Adverbs jenis ini terbagi menjadi:

  1. Adverbs of Manner
  2. Adverbs of Place and Direction
  3. Adverbs of Time
  4. Intensifying Adverbs

Langsung kita jelaskan satu persatu.

Satu, Adverbs of Manner.

Frank menjelaskan, "The manner adverb has the most characteristic adverbial form (an -ly ending added to a descriptive adjective)." - adverb of manner mempunyai bentuk adverb paling kentara yaitu dengan menambahkan -ly pada descriptive adjective. (Lihat Descriptive Adjective disini).

Contoh Adverbs of Manner:
Quickly, neatly, awkwardly, beautifully, etc.

Dua, Adverbs of Place and Direction.

Frank (1972: 142) mengatakan, "Among the adverbs of place and direction may be included some prepositional forms appearing after the verb--He came in; They walked down. - diantara jenis adverbs of place dan direction ini termasuk beberapa bentuk preposition (kata depan) yang muncul setelah verbs, seperti He came in; They walked down.
 
Some archaic forms for adverbs of place and direction are still found in the literary language--hither (= here) thither (= there), yonder (= over there), hence (= from here), thence (= from there), whither (= where).

Beberapa bentuk arkaik (kuno) adverb of place dan direction (kata keterangan tempat dan arah) masih ditemukan dalam bahasa kesusastraan seperti:

Hither = disini
Thither = disana
Yonder = disana
Hence = dari sini
Thence = dari sana
Whither = dimana (saja).

Contoh lain Adverb of place and Direction

Here
There
Outside
Inside
Left
Right
Straight
West

Untuk penggunaan Adverb of place, harus dibedakan mana itu preposition dan mana adverb of direction. Lihat contoh berikut:

Let's come in = kata in disini adalah adverb karena menjelaskan kata come.
Let's come in this room = kata in disini adalah preposition, karena diikuti oleh object yang berupa noun phrase.

Tiga, Adverbs of Time

Adverbs of time (kata keterangan waktu) ini dibagi lagi menjadi dua macam yaitu: Adverbs of Definite Time dan Adverbs of Indefinite Time.

Dalam menjelaskan tentang Adverbs of Definite Time, Frank mengatakan, "These adverbs have a fixed boundary in time--yesterday, today, tomorrow. Most of these words have noun form  and some may be used in plural form--saturdays, nights." -- adverbs of definite time ini memiliki batasan waktu yang baku (jelas) seperti yesterday (kemarin), today (hari ini), tomorrow (besok). Kata kata tersebut umumnya memiliki bentuk noun (kata benda) dan bahkan bisa digunakan dalam bentuk jamak (plural).

Contoh perbedaan antara adverb of definite time dengan noun berikut ini:

  • I saw him yesterday (Kata yesterday disini adalah adverb of definite time karena menjelaskan waktu saat saya melihat dia)
  • Yesterday was a busy day (Kata yesterday disini adalah noun karena berfungsi sebagai subyek kalimat, Lihat fungsi-fungsi noun disini)

Beberapa expression (ungkapan) berbentuk phrase (frase) ada dalam kategori adverb of definite time ini seperti:

Last week
A month ago
the day before yesterday
the day after tomorrow

Selanjutnya, Adverb of Indefinite Time adalah kebalikan dari diatas, yaitu, jika adverb of definite time itu waktunya jelas, maka adverb of indifinite time waktunya kurang tentu kejelasannya.

Contoh:

Recently
Nowadays
Soon
Already
Still
Just (baru saja)
Immediately
Now
Then
Before
After(wards)
Next
First
Later
Always
Often
Sometimes
Never
Lihat juga di (Vocabulary tentang Waktu dan Musim di artikel ini)

Empat, Intensifying Adverbs
Seperti halnya adverb of time, Intensifying Adverbs juga terbagi menjadi dua macam, yaitu: Adverbs of Degree, dan Distinguishing Adverbs.

Untuk Kedua adverb tersebut, karena penjabarannya begitu banyak maka akan saya Bahas dalam artikel tersendiri (semoga saja).

See you


Frank, Marcella. 1972. Modern English Usage: A Practical Reference Guide. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar